PM-API"ers

- Affan - Rudiman - Yoga - Chandra - Sigit - Shohib - Erdi - Fikri - Sidik - Arwan - Bayu - Amel - Hilda - Adi - Agus - Izam - Sany - Dias - Femmo - Rizal - Gustom - Gendro - Wuri - Arul -

Rabu, 07 November 2012

INFO PETANI!!!
(HOT!!) CARA MEMPERBANYAK BAKTERI YANG DITUJUKAN UNTUK MEMPERBANYAK BAKTERI MUSUH ALAMI HAMA!! (TELAH DIUJI DI LABORATORIUM)
Cara:
1 kg daging sapi direndam dalam 5 liter air selama 1 malam, paginya daging dientas, kemudian air tersebut direbus hingga lemak-lemak mengambang, sambil mengambang dan merebus air, buang lemak-lemak tersebut hingga hilang seluruhnya dengan menggunakan penyaring atau sendok (atau apalah terserah, jangan sampai airnya ikut terbuang), kemudian masukkan gula sebannyak 2 gelas aqua, kemudian diaduk hingga larut. Setelah itu, masukkan camuran tersebut ke dalam galon air steril yang telah terisi di dalam galon tersebut (diusahakan sesteril aqua galon). Ingat sebelum dimasukkan campurannya, air di dalam galon harus dikurangi kurang lebih 5,5 liter terlebih dahulu, baru masukkan campuran. Jadi deh 19 liter media untuk mengembangbiakkan bakteri. Untuk mengembangkan bakteri kita harus beli dulu preparatnya di laboratorium dinas pertanian daerah setempat, misalnya bakteri EM4 (untuk pembusukan kompos dan pupuk kandang) dan bakteri merah (musuh alami serangga) dan tenang saja, harga preparat murah kok, cuma Rp 15.000,- -an untuk satu preparat. Kemudian campurkan preparat tersebut ke dalam media pengembangan bakteri dalam keadaan steril (caranya tinggal memanaskan ujung tabung preparat dan besi untuk mengambilnya dengan api), dan tunggu selama kurang lebih 1 minggu, dan jadilah musuh alami hama dan penyakit tanaman sebanyak 19 liter. Aplikasi di lapangan yaitu dengan penyemprotan 1 gelas aqua untuk 1 tangki. Selamat Mencoba!!

Tidak ada komentar: